Home » , » HIMA ON THE ROAD (OTR) MEMPERINGATI HARI KESEHATAN DUNIA BERTEMAKAN “SMALL CREATURE, BIG THREAT”

HIMA ON THE ROAD (OTR) MEMPERINGATI HARI KESEHATAN DUNIA BERTEMAKAN “SMALL CREATURE, BIG THREAT”

Rabu, 09 April 2014 | 18.28

Banjarbaru- Hari Kesehatan Sedunia dirayakan pada tanggal 7 April setiap tahunnya untuk menandai berdirinya WHO pada tahun 1948. Setiap tahunnya tema yang dipilih menyoroti prioritas kesehatan masyarakat. Dewasa ini kewaspadaan terhadap penyakit berbasis lingkungan salah satunya vector borne diseases semakin penting untuk ditingkatkan ditengah isu penyakit degeneratif yang sudah semakin marak terjadi di masyarakat. Pada situs resminya, WHO menyatakan hal inilah yang mendasari ditetapkannya tema vector borne diseases sebagai tema peringatan Hari Kesehatan Sedunia pada tahun 2014 ini. Penyakit vector borne yang paling mematikan adalah malaria dengan menyebabkan kematian sekitar 660.000 anak di Afrika pada tahun 2010, namun penyakit vector borne yang paling cepat berkembang adalah demam berdarah dengan peningkatan kasus sebanyak 30 kali lipat dalam kejadian penyakit 50 tahun terakhir.

Dalam rangka turut serta memperingati Hari Kesehatan Sedunia, HIMA Kesmas mengadakan acara HIMA On the Road (OTR). Kegiatan kali ini bertemakan “Small Creature, Big Threat” dan vektor yang dimaksudkan dalam tema kali ini adalah nyamuk. Dalam kegiatan kali ini HIMA Kesmas bekerja sama dengan HIMA STIKES Cahaya Bangsa untuk melakukan OTR yang diketuai oleh M. Riza Wahyuddin mahasiswa PSKM UNLAM angkatan 2012. Dalam acara ini akan dilakukan pembagian stiker beserta lotion anti nyamuk kepada para pengunjung serta penjual yang berada di sekitar wilayah Taman Air dan Lapangan Murjani. Untuk membuat acara semakin menarik panitia pelaksana telah menyiapkan maskot-maskot, spanduk serta pamflet yang menggambarkan siklus hidup nyamuk, bahaya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk beserta cara pemberantasan nyamuk.

Rute OTR kali ini dimulai di Taman Air kemudian menyusuri Lapangan Murjani dengan mengikuti alur sehingga tidak menimbulkan kemacetan dan kemudian melakukan orasi di sekitar tiang bendera Lapangan Murjani lalu kemudian kembali ke titik awal dan kembali melakukan orasi. Acara dimulai pukul 16.30 WITA dimana seluruh peserta OTR berkumpul di Taman Air sebagai titik awal dilaksanakannya kegiatan. Peserta berjalan dengan tertib menyusuri sisi kiri Lapangan Murjani sambil sebagian diantaranya membagikan stiker dan lotion anti nyamuk sekaligus menjelaskan secara singkat cara pencegahan dengan 3M+, sebagian yang lain meminta tanda tangan sebagai bukti partisipasi masyarakat dan sebagian lainnya terus berorasi dengan penuh semangat.

Sesampainya di titik sekitar tiang bendera Lapangan Murjani para peserta menghadap ke jalan sambil tetap berorasi meneriakkan perlunya perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya untuk mencegah berkembangnya nyamuk di lingkungan tempat tinggal. Suasana gerimis tidak menyurutkan semangat para peserta dalam memeriahkan OTR HIMA Kesmas dalam rangka Hari Kesehatan Sedunia ini. Peserta kemudian kembali ke titik awal dengan menyusuri sisi kanan jalan dan tetap membagikan stiker dan lotion beserta menjelaskan secara singkat pencegahan penyakitnya, meminta tanda tangan dan berorasi seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Tiba di titik awal peserta kembali berorasi dengan menghadap ke jalan raya sambil mengangkat spanduk dan pamflet mengenai bahaya nyamuk dan upaya pencegahannya. Kegiatan berakhir sekitar pukul 18.15 WITA dan kemudian dilakukan evaluasi singkat mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan lalu kemudian para peserta meninggalkan lokasi dengan tertib.

Kami semua berharap dengan diadakannya kegiatan HIMA On the Road ini informasi mengenai bahaya yang ditimbulkan nyamuk dapat tersampaikan sehingga masyarakat menyadari pentingnya pola hidup bersih dan sehat sebagai langkah mencegah berkembangnya nyamuk dan masyarakat memiliki pengetahuan untuk melindungi diri mereka sendiri dari bahaya nyamuk yang dapat mengancam keselamatan seluruh anggota keluarga

Author : Sari A
Editor : Ary N
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, opini, pendapat atau masukan anda dengan bahasa yang santun,

 
Support : Copyright © 2013. KESEHATAN MASYARAKAT UNLAM - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger