Home » , » MAHASISWA PSKM RAIH GELAR MAHASISWA BERPRESTASI SE UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

MAHASISWA PSKM RAIH GELAR MAHASISWA BERPRESTASI SE UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Minggu, 20 April 2014 | 04.36

Banjarbaru - Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi swasta maupun negeri sesuai dengan arahan dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI). Pada tahun ini, kompetisi Mawapres tingkat Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) dimenangkan oleh Vina Yulia Anhar, mahasiswa Angkatan 2011 Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UNLAM (PSKM FK UNLAM). Vina lahir di Banjarmasin, 11 Oktober 1993. Sebelum mengikuti seleksi mawapres tingkat UNLAM, Vina harus melewati 2 kali seleksi yang cukup ketat, yaitu seleksi tingkat Program Studi dan tingkat Fakultas yang diselenggarakan sesuai dengan Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yang dikeluarkan DIKTI. Pada tahun 2013, Vina merupakan juara 2 mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Kedokteran UNLAM.

Pada tahun 2014, Vina kembali menjadi Nominasi Mawapres tingkat Program Studi dan berhasil mengungguli 18 Mawapres lainnya di tingkat Program Studi. Pada seleksi tingkat PSKM, Juri yang merupakan Dosen yang ditentukan oleh Program studi memberikan penilaian dalam seleksi ini menggunakan pedoman dari Dirjen Dikti 2014, dan melakukan verifikasi terhadap kebenaran bukti yang disampaikan Mawapres yang terdiri dari transkrip nilai akademik, sertifikat penghargaan, pengabdian masyarakat, atau pengalaman publikasi karya ilmiah, serta karya tulis ilmiah (KTI).

Pada tahap seleksi mawapres tingkat FK UNLAM, 5 peserta dari Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD), Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG), Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM), Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) dan Program Studi Psikologi (PS.Psi) yang merupakan pemenang Mawapres perwakilan dari tiap Program Studi yang akan dinilai oleh Tim juri Mawapres Tingkat FK UNLAM. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari tes psikologi, presentasi KTI dengan menggunakan Bahasa Inggris beserta tanya jawab, verifikasi berkas dan wawancara. Dari seleksi Mawapres tingkat FK UNLAM, yang menjadi juara 1 adalah Vina Yulia Anhar (PSKM), juara 2 adalah Herla M. S. (PSPD) dan juara 3 adalah Zhavira (PSIK). Sebagai juara 1, Vina melanjutkan seleksi mawapres tingkat UNLAM yang diselenggarakan pada tanggal 26 Maret 2014, bertempat di Ruang Sidang Rektorat UNLAM Banjarmasin. Seleksi tahap pertama ini diikuti oleh 9 peserta dari 9 Fakultas di UNLAM. Pada seleksi ini, masing-masing peserta mempresentasikan karya tulis mereka dihadapan para juri dan audiens. Masing-masing peserta diberikan estimasi waktu 10 menit untuk presentasi dan 5 menit untuk tanya jawab.

Seleksi kedua dilaksanakan pada tanggal 8 April 2014. Seleksi tahap kedua dilakukan tes psikologi di Biro Psikologi Benefit Sumber Daya Manusia Banjarmasin untuk menentukan juara 1, 2 dan 3 mawapres UNLAM 2014. Berdasarkan hasil penilaian seleksi pertama dan kedua, didapatkan juara 1 yaitu Vina Yulia Anhar (Fakultas Kedokteran), juara 2 Marita Rahma Sari (Fakultas Pertanian) dan juara 3 Deny Fakhrizal (Fakultas Kehutanan). Sebagai juara 1, Vina Yulia Anhar akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya di tingkat wilayah mewakili UNLAM.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, opini, pendapat atau masukan anda dengan bahasa yang santun,

 
Support : Copyright © 2013. KESEHATAN MASYARAKAT UNLAM - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger